powered by
Socialbar

Senin, 05 Agustus 2013

Apa itu DNS Poisoning ?

Apa yang dimaksud dengan DNS Poisoning?

DNS Poisoning adalah sebuah cara untuk menembus pertahanan dengan cara menyampaikan informasi IP Address yang salah mengenai sebuah host, dengan tujuan untuk mengalihkan lalu lintas paket data dari tujuan yang sebenarnya atau Usaha merubah atau merusak isi DNS sehingga semua akses yang memakai DNS akan disalurkan ke alamat yang salah atau alamat yang dituju tidak bisa diakses.

Cara Kerja DNS Poisoning / Cache Poisoning.

DNS Cache Poisoning merupakan sebuah cara untuk menembus pertahanan dengan cara menyampaikan informasi IP Address yang salah mengenai sebuah host, dengan tujuan untuk mengalihkan lalu lintas paket data dari tujuan yang sebenarnya. Cara ini banyak dipakai untuk menyerang situs-situs e-commerce dan banking yang saat ini bisa dilakukan dengan cara online dengan pengamanan Token. Teknik ini dapat membuat sebuah server palsu tampil identik dengan dengan server online banking yang asli. Oleh karena itu diperlukan digital cerficate untuk mengamankannya, agar server palsu tidak dapat menangkap data otentifikasi dari nasabah yang mengaksesnya. Jadi dapat disimpulkan cara kerja DNS (Domain Name System) poisoning ini adalah dengan mengacaukan DNS Server asli agar pengguna Internet terkelabui untuk mengakses web site palsu yang dibuat benar-benar menyerupai aslinya tersebut, agar data dapat masuk ke server palsu hampir sama seperti cara hack sederhana seperti phising page.

Metode dan cara pencegahan serangan DNS Poisoning / Cache Poisoning.

Cara yang paling efektif dalam menghadapi serangan yang merubah DNS server/DNS spoofing adalah dengan melakukan otentikasi host yang akan kita hubungi. Model otentikasi yang banyak digunakan saat ini adalah dengan mempergunakan digital certificate. Dengan digital certificate, seseorang dapat dengan yakin bahwa host yang dia akses adalah host yang sebenarnya. Cara lainnya yaitu program DNS mempunyai pilihan untuk mematikan atau menonaktifkan proses caching. Jika proses caching tidak diaktifkan, menipu balasan kepada sebuah server adalah sia-sia. Program yang paling terbaru telah mempunyai patch untuk melawan poisoning. Saat ini, paket-paket yang diterima dengan cacatan authoritative / berkuasa diverifikasi dahulu sebelum memasukannya ke dalam cache.

1 komentar: