powered by
Socialbar

Senin, 05 Agustus 2013

Apa itu Squid ?

Squid adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk proxy server dan web cache. Squid memiliki banyak jenis penggunaan, mulai dari mempercepat server web dengan melakukan caching permintaan yang berulang-ulang, dan membantu keamanan dengan cara melakukan penyaringan (filter) lalu lintas. Meskipun seringnya digunakan untuk protokol HTTP (80) dan FTP (21), Squid juga menawarkan dukungan terbatas untuk beberapa protokol lainnya termasuk Transport Layer Security (TLS), Secure Socket Layer (SSL), Internet Gopher, dan HTTPS. Versi Squid 3.1 mencakup dukungan protokol IPv6 dan Internet Content Adaptation Protocol (ICAP).

Squid pada awalnya dikembangkan oleh Duane Wessels sebagai "Harvest object cache", yang merupakan bagian dari proyek Harvest yang dikembangkan di University of Colorado at Boulder. Pekerjaan selanjutnya dilakukan hingga selesai di University of California, San Diego dan didanai melalui National Science Foundation. Squid kini hampir secara eksklusif dikembangkan dengan cara usaha sukarela.

Jika bicara Squid pasti ada kata-kata Proxy, apakah itu proxy ??. .proxy adalah suatu sistem yang digunakan sebagai perantara antara komputer client dengan internet. Selain itu proxy juga dapat berfungsi sebagai firewall yang menolak suatu traffik dari luar jaringan.Cara kerja proxy yaitu menyimpan cache dari suatu web dan menyimpanya di komputer, jadi pada saat komputer akan mengakses web yang sama untuk kedua kalinya dia akan mengambil di komputer. Proxy biasanya digunakan pada sistem operasi berbasis server seperti linux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar