powered by
Socialbar

Jumat, 08 Juni 2012

Membuat Banner melalui SWiSHmax 3.0


Berlanjut ke cara pemakaian SwishMax 3.0 dan disini kita akan belajar membuat banner dari SwishMax 3.0 dengan hasil formatnya .swf sehingga dapat kita embed ke karya Web Design kita. Langsung saja ke TKP yuk…


Berikut adalah window awal SwishMax 3.0 silahkan awali dengan mengklik Blank Movie


Ini adalah tampilan Stage SwishMax 3.0. bagian kiri bawah adalah tool, bagian atas adalah frames, bagian kanan adalah untuk mengatur properti lembar kerja.


Silahkan klik Movie properties pada tab sebelah kanan untuk mengatur ukuran lembar kerja / stage


Gambar rectangle warna biru melalui tab tools disebelah kiri, untuk memenuhi lembar kerja yang awalnya berwarna putih. Lalu kunci rectangle dengan mencentang gembok lewat tab Outline disebelah kanan.


Untuk meng-impor gambar klik Insert - Import image


Buat text dengan text tool yang ada di tab tools sebelah kiri (ikon = T)



Buat effect animasi dengan meng-klik kanan pada tab Frame bagian frame text lalu pilih effect yang telah disediakan SwishMax. Appear into position artinya efek saat muncul pada posisi. Dissapear from position artinya efek saat keluar dari posisi.



Beri command remove setelah frame effect dari text “Selamat datang di web saya” artinya setelah efek selesai kata-kata tersebut akan hilang


Buat text lagi setelah “Selamat datang di web saya” dengan “Semua tentang ilmu komputer”. Tambah text baru tersebut command Place pada bagian frame-nya. Maka pada saat “Selamat datang di web saya” hilang akan dilanjutkan text “Semua tentang ilmu komputer”. Dan begitu seterusnya untuk membuat text baru.


Beri efek untuk text kedua



Banner telah siap tekan Ctrl + T untuk menjalankan animasi


Klik File – Export – SWF untuk meng-export / memindah format file tersebut menjadi *.SWF


Pilih Lokasi file *.SWF yang akan disimpan


File telah selesai di-export menjadi *.SWF dan siap digunakan untuk menghias WEB kita dengan animasi buatan kita sendiri.

Terimakasih telah membaca posting saya. Tunggu tutorial berikutnya hanya di http://wawa-site.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar